Friday, October 25, 2013

Uchiha Itachi


Debut :
- Manga : Naruto Chapter 139
- Anime : Naruto Shippuden Episode 80

Biodata Pribadi :
- Nama Asli : Uchiha Itachi
- Nama Panggilan : Itachi
- Julukan dan Gelar : -
- Tanggal Lahir : 9 Juni
- Jenis Kelamin : Laki-Laki
- Umur : 21 tahun (meninggal)
- Affiliasi : Konohagakure
- Tinggi : 178
- Berat : 58 kg
- Golongan Darah : AB
- Kekkei Genkai : Sharingan, Mangekyou Sharingan
- Tipe Elemen : Katon (Fire Realease / Api). Suiton (Water Realese / Air)
- Keluarga : Uchiha Fugaku (Ayah), Uchiha Mikoto (Ibu), Uchiha Sasuke (Adik)
- Klan : Uchiha

Biodata Ninja :
- Nomor Registrasi : 012110
- Jabatan : Ketua Anbu Konoha (Mantan)
- Tim dan Rekan : Anbu, Hoshigaki Kisame (Akatsuki)
- Guru Pembimbing : -
- Tingkatan Ninja : Anbu, Missing Nin
- Tipe Ninja : Petarung, Pengguna Genjutsu dan Ninjutsu
- Senjata dan Alat khusus : Pedang Totsuka dan Cermin Yata

Uchiha Itachi adalah seorang ninja dan juga missing Nin dari Konohagakure, dia adalah slah satu anggota klan Uchiha yang dikenal sangat berbakat diantara anggota klannya, Itachi lulus akademi pada usia 7 tahun, menguasai Sharingan pada umur 8 tahun, kemudian lulus ujian Chunnin pada umur 10 tahun dan menjadi ketua Anbu pada usia 13 tahun. secara penampilan, Itachi mewarisi warna rambut ayahnya, rambutnya panjang dan diikat. sifatnya sedikit dingin dan kalem, namun dia adalah seorang kakak yang sangat menyayangi adiknya. Itachi memiliki ayah bernama Uchiha Fugaku yang juga ketua kepolisian Konoha, Ibunya bernama Uchiha Mikoto dan Adiknya bernama Uchiha Sasuke, selain itu dia memiliki seorang sahabat yang sangat dekat dan dianggap saudaranya sendiri, yaitu Uchiha Sishui. Itachi lahir sebagai anak pertama dari keluarga tersebut, sebagai seorang kakak, Itachi terbilang sangat menyayangi adiknya dan selalu melindungi Sasuke bagaimanapun caranya. sejak kecil Itachi telah melihat pertumpahan darah akibat adanya perang dalam perang dunia Shinobi ke 3, sehingga membuat dirinya menjadi seorang yang cinta terhadap perdamaian, dan menjadikannya sebagai prioritas utama. sejak dulu Itachi selalu mengatakan kebohongan, baik terhadap orang lain atau bahkan terhadap dirinya sendiri.

Pada awal kemunculannya, Itachi adalah seorang tokoh antagonis, dia dikenal sebagai pembunuh seluruh klannya dan tergabung dalam Organisasi kriminal bernama Akatsuki. namun kebenaran dari hal tersebut terungkap setelah kematian Itachi. Sasuke yang dibawa oleh Tobi diceritakan semua kebenaran tentang Itachi. Pada dasarnya Itachi adalah orang yang baik yang cinta akan kedamaian dan desanya, namun Hidup Itachi berubah setelah adanya rencana kudeta dari Klan Uchiha. 16 tahun yang lalu terjadi insiden penyerangan Kyuubi ke Konoha, diketahui dalang dari insiden tersebut adalah Tobi yang mengeluarkan Kyuubi dari Kushina dan dijadikannya alat untuk menghancurkan Konoha, Insiden tersebut menewaskan banyak orang dan membuat kerusakan yang cukup signifikan terhadap desa, belum lagi akibat insiden tersebut Konoha harus kehilangan Yondaime Hokage Minato Namikaze. atas insiden tersebut muncul kecurigaan bahwa dalang dari insiden tersebut adalah dari klan Uchiha, karena bola mata Sharingan dikenal dapat mengendalikan Kyuubi. sehingga timbul kecurigaan dan diskriminasi. pemukiman Uchiha pun dipindahkan kepinggir Desa. atas semua itu Klan Uchiha berniat melakukan Kudeta terhadap Konoha, hal ini pernah dilakukan Madara dan mengajak klannya untuk melakukan Kudeta, namun ditolak oleh Klannya sehingga membuat Madara merasa dikhianati dan kemudian pergi meninggalkan Desa. namun kali ini rencana Kudeta klan Uchiha telah bulat. Itachi yang mengetahui hal tersebut justru memberitahukannya ke pihak desa, tentu saja hal itu menimbulkan kekhawatiran dan ancaman bagi desa, Jika Klan sebesar Uchiha melakukan Kudeta, hal itu dapat menimbulkan perang Saudara dan mengancam kelangsungan desa, dan juga dapat memicu perang, desa lain akan mengambil kesempatan untuk menyerang Konoha ketika Konoha dalam kekacauan. selain Itachi, Shisui pun mengatakan hal ini kepada salah satu tetua Konoha, yaitu Danzo, Shisui bermaksud menghentikan Kudeta dengan menggunakan Kotoamatsukami, namun Danzo tidak mempercayainya dan merebut sebelah mata Shisui, setelah itu Shisui memutuskan untuk mati dan memberikan sebelah Matanya kepada Itachi. Shisui memutuskan untuk melindungi Desa dengan matanya, dan menitipkan tekadnya kepada Itachi.

Ketika Itachi mengatakan hal tersebut kepada tetua Konoha, timbul perdebatan antar tetua, Hokage mengatakan untuk melakukan perbincangan dan mengakhirinya dengan cara damai, sedangkan Danzo mengatakan Bahwa meskipun Uchiha melakukan Kudeta, pihak Uchiha tidak akan menang dan justru akan musnah oleh Konoha, Danzo secara diam-diam mengatakan hal tersebut kepada Itachi, dan memberinya 2 pilihan, Ikut melakukan Kudeta dan musnah bersama Klan Uchiha lainnya, atau berada di pihak desa membantu menghancurkan Uchiha, selain itu Itachi pun dapat menyelamatkan Sasuke yang saat itu masih kecil dan tidak tahu apa-apa. pilihan yang sulit pun harus diterima Itachi, situasinya semakin mendesak dan harus ada tindakan yang cepat. pada malam sebelum pembantaian, Itachi sempat menemui Tobi, dia tahu bahwa Tobi berniat mengobarkan peperangan di Konoha, sehingga Itachi pun melakukan Negosiasi padanya, Itachi meminta Tobi untuk tidak menyentuh Konoha, sebagai gantinya Itachi akan membantu membalaskan dendamnya terhadap Uchiha, kecuali Sasuke. bagi Itachi, kedamaian Desa dan adiknya merupakan hal yang penting baginya, pada akhirnya Itachi memutuskan untuk mengakhiri klannya dengan tangannya sendiri, meskipun hal itu sangat berat baginya, Itachi menangis, sebelum Itachi membunuh kedua orang tuanya.

Sasuke yang melihat kejadian itu tentunya sangat trauma dan tidak percaya akan apa yang dilihatnya, Itachi memutuskan untuk membohongi Sasuke dengan mengatakan bahwa hal ini hanyalah untuk mengukur kemampuannya saja, dan membuat Sasuke membenci dirinya. Itachi tahu bahwa suatu saat dia harus dihukum oleh seorang Uchiha atas perbuatannya, sehingga dia menanamkan Kebencian kepada Sasuke, selain itu hanya itulah cara yang dapat dia lakukan untuk melindungi Sasuke. sebelum Itachi meninggalkan Sasuke , dia mengatakan tentang monumen batu Uchiha dan menyuruh Sasuke untuk menemuinya kembali ketika dia memiliki mata yang sama dengannya (Mangekyou Sharingan). Itachi kembali menangis sebelum meninggalkan Sasuke, walaupun Sasuke tidak menyadarinya. setelah itu, Itachi menemui Hokage ke 3 dan memintanya untuk melindungi Sasuke dari. Itachi juga mengatakan pada Danzo, jika dia menyentuh Sasuke, maka Itachi akan membocorkan hal tersebut, dan akan memberikan informasi desa kepada pihak musuh.

Selama bertahun-tahun Itachi menyimpan kebenaran dan terus melakukan kebohongan demi melindungi Desanya, dia harus menanggung kebencian Sasuke dan juga orang-orang yang mengutuk tindakannya. beberapa waktu setelah Itachi meninggalkan Desa, dia bergabung dengan Akatsuki, tujuan Itachi masuk ke Akatsuki adalah untuk mengawasi pergerakan mereka dan mengawasi Tobi agar tidak menyentuh Desa.Itachi kemudian berpasangan dengan Kisame Hoshigaki. Itachi merupakan orang yang merekrut Deidara kedalam Akatsuki, dengan mengalahkan Deidara menggunakan Genjutsunya, sehingga Deidara juga menyimpan dendam terhadap Itachi. Itachi sendiri ditugaskan untuk menangkap Ekor 9. meskipun telah meninggalkan desa dan dicap sebagai penghianat, Itachi tetap melindungi Desa dengan caranya sendiri. setelah kematian Hokage ke 3, Itachi langsung menampakan dirinya di Desa. Itachi yang saat itu datang bersama Kisame bermaksud untuk menangkap Kyuubi yang ada dalam tubuh Naruto, namun sebenarnya Itachi hanya ingin menampakan dirinya dan mengingatkan bahwa dia masih hidup, Itachi dan Kisame sempat bertarung dengan Asuma, Kurenai, Kakashi dan Gai. Itachi juga kembali bertemu Sasuke saat mencoba menangkap Naruto, sekali lagi Itachi menggunakan genjutsunya terhadap Sasuke dan membuatnya mengulang kejadian pada malam pembantaian tersebut, agar Sasuke semakin membencinya. saat itu mereka berdua hampir tertangkap oleh Jiraiya, dan melarikan diri, saat itulah pertama kali Itachi diperlihatkan menggunakan Amaterasu.

Itachi juga diincar oleh Orochimaru yang menginginkan tubuhnya, Orochimaru yang juga masuk ke Akatsuki bertujuan untuk mengambil kesempatan untuk mengambil tubuh Itachi. namun hal tersebut digagalkan Itachi dan mengalahkan Orochimaru dan memotong tangannya. Itachi juga diketahui mengidap penyakit yang terus menggerogoti tubuhnya akibat dari pemakaian Mangekyou Sharingan yang berlebihan. Itachi sering mengalami batuk-batuk dan sampai batuk berdarah, matanya sudah mulai rabun dan kepalanya sering sakit. untuk bertahan hidup Itachi terus menggunakan obat-obatan untuk menahan penyakitnya. Itachi memutuskan untuk mati di tangan Sasuke agar Sasuke dianggap pahlawan dan kembali ke Desa.

3 tahun setelah kunjungan Itachi dan Kisame ke Konoha, Sasuke yang telah semakin bertambah kuat setelah ikut dengan Orochimaru dan mendapatkan kekuatannya, memutuskan untuk menghadapi Itachi. Itachi mengetahui hal tersebut, sebelum pertarungannya dengan Sasuke, Itachi sempat mengirim bunshinnya dan menemui Naruto yang juga saat itu sedang dalam misi untuk menangkap Itachi. Itachi yang bertemu Naruto menanyakan beberapa hal kepada Naruto, tentang apa yang akan dilakukannya jika Sasuke tidak kembali ke Desa, Naruto menjawab bahwa dia akan membawa Sasuke pulang dan akan menghentikan Sasuke tanpa membunuhnya, karena Naruto menganggap Sasuke seperti Saudaranya sendiri. Itachi kemudian tersenyum mendengar perkataan Naruto dan kemudian Itachi menanamkan Gagak ke tubuh Naruto, sebelum Itachi meninggalkan Naruto, Itachi berkata bahwa dia telah memberikan sebagian kekuatannya, dan berharap tidak akan tiba waktu dimana Naruto harus menggunakannya. Naruto hanya dibuat kebingungan dengan apa yang dilakukan Itachi. setelah itu tiba waktunya Itachi bertarung dengan Sasuke, Itachi sempat mengatakan kepada Sasuke bahwa orang yang memiliki Mangekyou Sharingan selain dirinya adalah Uchiha Madara, yang juga dalang dari penyerangan Kyuubi ke Konoha 16 tahun yang lalu. Itachi juga mengatakan tentang Mangekyou Sharingan dan efek samping dari penggunaannya, dia juga mengatakan bahwa ada tingkatan yang lebih tinggi dari Mangekyou Sharingan, yaitu Mangekyou Sharingan Abadi dengan menanamkan mata saudara kandung, sehingga penggunanya tidak akan pernah kehilangan cahaya. pada pertarungan tersebut Itachi kembali melakukan kebohongan dengan berpura-pura ingin mengambil mata Sasuke agar dia mendapatkan Mangekyou Sharingan Abadi, namun sebenarnya hal itu untuk menambah kebencian Sasuke terhadapnya dan menguatkannya agar Sasuke bertarung dengan seluruh kemampuannya. Itachi telah mengetahui dan mengira-ngira pertarungannya dengan Sasuke, sehingga Itachi terkesan bertarung dengan seluruh kemampuannya sampai-sampai menggunakan Tsukuyomi, Amaterasu dan Susano'o, hal itu sebenarnya perlu dia lakukan untuk mendesak Sasuke agar dapat mengeluarkan Orochimaru dari tubuh Sasuke dan membebaskannya dari Juinjutsu Orochimaru, setelah Orochimaru keluar dari Tubuh Sasuke, Itachi pun menyegel Orochimaru dengan pedang Totsuka pada Susano'onya. sampai detik-detik menjelang kematiannya, Itachi terus melakukan kebohongan bahwa dia ingin mengambil mata Sasuke. namun pada saat terakhir, Itachi justru mengetuk kening Sasuke dan mengatakan bahwa ini adalah yang terakhir, Itachi pun meninggal dengan tersenyum di hadapan Sasuke.

Pada saat itu sebenarnya Itachi juga menanamkan Amaterasu kepada Sasuke untuk menjauhkannya dari Tobi, karena Itachi Khawatir bahwa Tobi akan membongkar rahasianya kepada Sasuke. namun hal itu tidak berhasil dan Tobi pun menceritakan kebenarannya kepada Sasuke. beberapa waktu kemudian Itachi dihidupkan kembali oleh Kabuto sebagai bonekanya dalam menghadapi perang dunia Shinobi ke 4 melawan Aliansi Shinobi. sebuah kebenaran pun satu persatu terungkap. Itachi yang bersama Nagato bertemu dengan Naruto dan Bee di tengah perjalanan, disanalah Rahasia tentang Burung gagak yang ditanamkan Itachi sebelumnya kepada Naruto terungkap. ternyata pada mata burung gagak tersebut tertanam Mangekyou Sharingan Shisui, Itachi menanamkan perintah "Melindungi Desa Konoha" pada mata Shisui dan mengatur agar mata Shisui bereaksi ketika melihat Mangekyou Sharingan Itachi dan mengeluarkan jutsu "Kotoamatsukami", sebuah genjutsu terkuat milik Uchiha Shisui yang dapat mengendalikan seseorang tanpa orang itu sadari. Itachi menanamkannya pada Naruto sebagai antisipasi jika Sasuke tidak kembali ke Konoha dan justru berbalik melawan Konoha. Itachi tahu bahwa suatu saat Sasuke akan menanamkan matanya agar mendapatkan Mangekyou Sharingan Abadi, sehingga ketika kelak Naruto berhadapan dengan Sasuke, Mata Shisui akan bereaksi dengan mata Itachi yang telah dicangkokan pada Sasuke, sehingga Sasuke akan terkena Kotoamatsukami dan berbalik melindungi Konoha. namun hal tersebut tidak berhasil karena Itachi justru bertemu dengan Naruto dan malah Itachi sendirilah yang terkena Kotoamatsukami, meski begitu Genjutsu Kotoamatsukami ternyata mampu membebaskan Itachi dari kendali Kabuto. untuk melindungi Konoha, Itachi memutuskan untuk menghentikan Edo Tensei. www.facebook.com/madara.niisan

Setelah Itachi pergi menuju tempat Kabuto, Itachi justru bertemu dengan Sasuke ditengah perjalanan. hal tersebut tentu mengejutkan Sasuke dan Sasuke pun langsung mengikutinya dan menanyakan berbagai hal, karena Itachi terkena Kotoamatsukami, Itachi tidak bisa berhenti untuk mengobrol dengan Sasuke, sehingga Sasuke hanya berbicara dengan Itachi sambil mengejarnya hingga tiba di tempat Kabuto. Itachi kemudian mengatakan bahwa dia akan memberitahu apa yang ingin Sasuke ketahui setelah dia mengalahkan Kabuto dan menghentikan Edo Tensei, untuk itu Sasuke pun membantu Itachi menghadapi Kabuto. mereka berdua bertarung dengan sangat kompak dan bekerja sama dengan baik. kemudian Hal yang mengejutkan kembali di tunjukan Itachi, untuk menghadapi Kabuto dan menghentikan Edo Tensei, Itachi menggunakan jutsu terlarang klan Uchiha yaitu "Izanami", sebuah jutsu yang akan menentukan takdir lawannya, musuh akan terus mengalami pengulangan abadi sampai dia mengakui takdirnya. Itachi sempat menjelaskan panjang lebar mengenai Izanagi dan Izanami kepada Sasuke. dengan menggunakan Izanami, Itachi pun berhasil menghentikan kabuto dan mengendalikan Kabuto untuk menghentikan Edo Tensei dengan Genjutsunya. disaat-saat terakhir, Itachi mengakui kesalahannya dan memberitahu maksud dan keinginannya kepada Sasuke. Sasuke pun dapat mengerti keinginan Itachi dan telah memaafkan semua yang dilakukan Itachi, namun pada akhirnya Sasuke tetap tidak bisa mengikuti keinginan Itachi dan tetap berniat menghancurkan Konoha. sebelum Itachi menghilang, Itachi menunjukan kebenaran tentang dirinya dengan melakukan Genjutsu pada Sasuke, sehingga Sasuke dapat melihat ingatan Itachi.

bagaimanapun juga Itachi adalah orang yang mencintai desa dan adiknya, Itachi tetap melindungi Desanya meskipun telah mati, dia merupakan pahlawan sebenarnya, melindungi Desa dengan kebohongannya, seorang pahlawan tanpa nama. dan juga, meskipun keinginannya Dan Sasuke berlawanan, sampai di akhir Itachi tetap menyayangi Sasuke untuk selamanya.

Kata-kata terakhir itachi

“Aku selalu berbohong padamu, meminta maaf padamu, aku menjauhkanmu dariku dengan tanganku sendiri. aku tau ingin kau terlibat, tapi sekarang aku rasa kau dapat mengubah ayah, ibu dan Uchiha. jika saja aku melihat hal yang sama denganmu dan mengatakan kebenarannya, tapi aku gagal. apapun yg kukatan tidak akan sampai kepadamu, itulah kenapa aku menunjukan kebenarannya padamu"

"K...au tak perlu memaafkanku, apapun yg ingin kau lakukan,....."

"aku tetap menyayangimu selamanya...."


Jutsu :

- Katon :Goukakyuu

- Katon : Housenka

- Katon : Housenka Tsumabeni

- Bunshin Daibakuha

- Suiton : Suigadan

- Suiton : Suiryuudan

- Karasu Bunshin

- Genjutsu Gagak

- Magen : Kasegui

- Magen : Kyou Tenchi ten

- Utakata

- Magen : Moeru Karada Kami

- Kagebunshin

- Tensha Fuuin

- Sharingan

- Mangekyou Sharingan

- Kotoamatsukami (melalui mata Shisui)

- Tsukuyomi

- Amaterasu

- Susano'o

- Yasaka Magatama

- Izanami

2 comments:

Unknown said...

Mantab gan

aicho itachi said...

Bikin bper.. Mewek

Post a Comment

NARUSAKU © 2008 Template by:
SkinCorner